Libur Sekolah Usai, Wali Kelas Sambut Para Santri

  • Wednesday, 19 July 2023
  • 312 views
<strong>Libur Sekolah Usai, Wali Kelas Sambut Para Santri</strong>

SLEMAN – Para wali kelas Pondok Pesantren Raudhatus Salaam menyambut para santri untuk tahun ajaran baru 2023-2024 dengan mengadakan pertemuan kelas perdana. Pertemuan kelas ini diadakan setelah apel pagi yang berisi pesan dan nasehat oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ustadz Drs. KH. Wahidan Alwy pada Senin (17/7/2023).

Pertemuan kelas perdana ini bertujuan untuk memupuk kebersamaan santri dengan wali kelasnya yang baru sehingga dapat memaksimalkan aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas masing-masing.

Selain itu, pertemuan ini juga dimanfaatkan oleh wali kelas untuk memperbaharui niat para santrinya untuk belajar dengan giat dan meningkatkan kemampuan mereka baik secara akademis ataupun non-akademis. Hal ini dikarenakan para santri telah melewati masa liburan yang cukup lama sehingga ada kemungkinan beberapa santri yang masih belum mempersiapkan diri untuk menghadapi tahun ajaran baru.

“Pertemuan kelas perdana ini bertujuan untuk memupuk kebersamaan santri dengan wali kelasnya yang baru, serta untuk memperbaharui niat santri untuk belajar yang giat,” ujar waka kurikulum KMI Al-Ustadz Rifqi Fahmi, S.Sos, Senin (17/7/2023).

Masa libur sekolah akhir tahun bagi santri lama telah selesai pada Jumat (14/7/2023), sedangkan untuk santri baru, mereka baru datang ke pondok sehari setelahnya yaitu Sabtu (15/7/2023). Di pertemuan tersebut, santri juga mengembalikan rapot tahun ajaran lalu yang telah ditandatangani oleh orangtua masing-masing sehingga dapat menjadi kontrol orangtua untuk mengetahui kemampuan anaknya.

Salah satu wali kelas, Al-Ustadz Muhammad Rozaq Nur Raditya, S.Pd yang diamanati untuk menjadi wali kelas 2A memaparkan bahwa pertemuan kelas ini dimanfaatkan untuk membentuk visi misi dan disiplin serta penyusunan struktur organisasi.

Sedangkan wali kelas anak baru mengharapkan pertemuan kelas perdana ini dapat menjadi fasilitas untuk menjadikan santri nyaman dan betah serta dapat mengkondisikan hati menjadi tenang, agar nantinya para santri baru dapat menikmati segala bentuk kegiatan dan dinamika pondok yang ada.

“Karena saya jadi wali kelas 1 anak baru, harapan saya (dengan adanya pertemuan kelas ini) anak dapat nyaman dan betah di pondok, mengkondisikan hati tenang, agar nantinya ke depan siap menikmati segala bentuk kegiatan dan dinamika pondok yang ada,” harap wali kelas 1A Al-Ustadz Mughni Ibnu Aqsha, S.Pd, Senin (17/7/2023).

Oleh : Okky Mahdi Indrawan Putra, S.H

Editor : Khuurum M

DOKUMENTASI KEGIATAN