Profil

Profil Pimpinan Pondok Pesantren Raudhatus Salaam

Pondok Pesantren Raudhatus Salaam terletak di Jl Jogja-Wonosari Km8, Karangsari, Sendangtirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta.

Didirikan oleh KH.Drs Muhammad Wahidan Alwy pada tahun 2021. dibawah yayasan raudhatus salaam hajar aswad yang mempunyai dua amal usaha ; bidang pendidikan yaitu pondok pesantren raudhatus salaam dan bimbingan haji dan umroh yaitu KBIHU hajar aswad.

Pesantren ini berada di kawasan pedesaan asri, disamping hamparan persawahanyang luas, jauh dari kebisingan dan hirup pikuk kota sehingga sangat mendukung dalam upaya mencetak generasi qur’ani yang muttafaqih fii diin sebagai kader pemimpin umat yang intelek dan tidak gagap teknologi.

Selain itu pondok pesantren Raudhatus Salaam juga mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah islamiyah, kebebasan berfikir dan berperilaku atas dasar Al Qur’an dan As Sunnah.

Pondok pesantren Raudhatus Salaam memadukan 3 kurikulum dalam pelaksanaannya, dimana ketiga kurikulum tersebut adalah Kulliyyatu-l-Mu’allimiinal Islamiyyah (KMI), Tahfidzul Qur’an dan kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional.

Sesuai dengan orientasi pesantren sebagai pencetak kader pemimpin umat, pondok pesantren Raudhatus Salaam mengutamakan proses pendidikan dengan keteladanan tanpa mengesampingkan pengajaran karena pendidikan menurut pesantren tidak hanya mengasah daya fikir santri, melainkan juga pembentukan pribadai santri dengan penanaman nilai-nilai keislaman dalam kehidupan keseharian.

Pondok Pesantren Raudhatus Salaam merupakan pesantren alumni Gontor, dimana pendidik dan pembimbing santri 5dalam kehidupan sehari-hari dibimbing langsung oleh para alumni Gontor.

Program Tahfidzul Qur’an :

Tahfidzul Qur’an adalah kegiatan wajib yang harus diikuti oleh santri maupun santriwati. pembekalan ilmu-ilmu al-quran diharapkan mampu menjadi penyeimbang dalam pelaksanaan kaderisasi santri maupun santriwati. sehingga sebagai kader umat yang dibekali pemahaman dan pengamalan agama yang cukup, alumni pondok pesantren raudhatus salaam juga akan mendapatkan rahmat karena ikut menjaga al-quran dengan mempelajarinya, menghafalnya dan mengajarkannya yaitu menjadi umat yang terbaik sebagai mana sabda rasulullah SAW :

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعَلَمَهُ

“sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-quran kemudian mengajarkannya” HR. Abu Daud

Bahkan kedua orang tuanya akan mendapatkan kehormatan dan keistimewaan bukan hanya di tempatkan di syurga-nya, bahkan diberi pakaian kehormatan berupa mahkota kebesaran dan gemerlapan yang sangat menakjubkan.

Program tahfidz di pondok pesantren raudhatus salaam di wajibkan kepada setiap santri dengan melihat kemampuan hafalannya bagi yang minat dan kemampuannya tinggi di sediakan kelas khusus tahfidz dengan target 30 juz selama 6 tahun masa belajarnya. sementara bagi yang lain dibimbing sesuai kemampuannya.

Wahana mencetak kader pemimpin bangsa

Pondok pesantren raudhatus salaam berkeyakinan bahwa seorang pemimpin dapat dilahirkan melalui proses pendidikan. oleh sebab itu, pesantren ini menerapkan pendidikan kepemimpinan dalam proses pendidikannya dan hal itu dilakukan sejak dini. dimulai dikelas satu seluruh santri sudah belajar organisasi dalam bentik yang sederhana, sebagai upaya mendidik calon pemimpin. ada anak yang menjadi ketua, sekertaris atau bendahara kelas dalam waktu yang sama. dia juga anggota biasa di kamar, demikian pula temannya yang anggota biasa di kelas bisa menjadi pengurus di kamar, pada regu di pramuka atau kelompok muhadhoroh dan begitu pula seterusnya. dan ketika naik kelas yang lebih tinggi mungkin ada yang mulai mendapat kepercayaan atau amanah sebagai penjaga koperas pelajar, menjaga perpustakan, dan lain-lainnya. pda akhirnya ketika duduk di kelas 5 KMI mereka akan diberi amanah yang lebih besar sebagai pengurus OSANTRAS (organisasi santri raudhatus salaam) yang diberi amanah mengurus selluruh kegiatan santri sejak bangun tidur sampai tidur lagi. dimulai dari membangunkan adik-adik kelasnya pada jam 03.15, mendampingi mereka menghafal pelajaran sampai menjelang jamaah sholat shubuh. memimpin kegiatan tahfidz sampai jam 06.00 serta memimpin sholat syuruq sampai mengarahkan untuk persiapan masuk kelas. sepulang dari belajar kelas ,mereka mengatur kegiatan-kegiatan pendukung lainnya : latihan pidato 3 bahasa (arab, inggris dan bahasa indonesia), kursus-kursus bela diri, latihan drum band dan lain-lainnya. mereka juga membina pramuka yang anggotanya adik-adik kelas pada setiap selasa sore, pada malam harinya ada yang mendapatkan tugas memberi pelajaran kosa kata (mufradat) baru bahasa inggris maupun bahasa arab. dan aja yang bertugas menegakkan disiplin dengan mengadakan mahkamah pelanggaran bahasa dengan bimbingan dan pengawasan para ustadz dan uztadzah.

Demikian padatnya derap kehidupan yang mereka jalani, yang akan menempa jiwa kepemimpinan mereka. mantra “MAU MEMIMPIN DAN SIAP DIPIMPIN” menjadi motto pendidikan kepemimpinan di pesantren ini.

KMI Mu’adalah :

Seiring dengan disahkannya undang-undang tentang pesantren dan diterbitkannya peraturan mentri agama sebagai turunan dan penajabaran undang-undang tersebut maka raudhatus salaam yang sudah menggunakan kurikulum KMI gontor semakin mantap untuk menyesuaikan dengan berbagi peraturan tersebut. untuk itu pada tahun pelajan 2021-2022 pondok raudahtus salaam akan mengajukan izin KMI mu’adalah, yaitu : lembaga pendidikan menengah (setingkat SMP dan SMA) yang diselenggarakan oleh pondok pesantren dengan tetap mempertahankan kekhususannya dan lulusannya diakui setara dengan lulusan SMA yang diselenggarakan oleh diknas. yang mana diantara kelebihannya tertera pada pasal 19 undang-undang RI nomor 18 tahun 2019, tentang pesantren :

(1) santri satuan pendidikan mu’adalah yang telah menyelesaikan pendidikan dinyatakan lulus melalui penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan mu’adalah

(2) santri yang dinyatakan lulus sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berhak :

a. melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik yang sejenis maupun tidak sejenis : dan atau

b. mendapatkan kesempatan kerja.

Hal itu juga tertera pada PMA (peraturan mentri agama) nomor. 31 tahun 2020, pasal 45 ayat (3)

Dalam peratutan dimaksud, dinyatakan dengan jelas bahwa ijazah KMI mu’adalah bisa digunakan untuk melanjtkan kuliah di perguruan tinggi manapun di negara kita (PTN maupun PTS) dan boleh masuk ke semua jurusan. dan juga bisa untuk melamar pekerjaan.

Mu’adalah Timur Tengah :

Langkah selanjutnya setelah izin KMI Mu’adalah di dapatkan, maka pondok raudhatus salaam insya Allah akan berusaha mengajukan atau mengurus mu’adalah (pengakuan) dari berbagai perguruan tinggi di timur tengah dalam upaya menyiapkan kader-kader umat masa depan.

Visi dan Misi Pondok Pesantren Raudhatus Salaam

Visi

Terwujudnya generasi yang mukhlis, faqih, berwawasan luas dan berfikiran bebas, mandiri, konsisten dalam menegakkan kebenaran Islam

Misi

  • Mendidik santri yang memegang teguh prinsip-prinsip hidup yang sesuai dengan
    aqidah berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah
  • Mendidik santri yang mampu menerjemahkan nilai-nilai wahyu dalam kehidupan
    nyata, selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi
  • Mendidik santri yang mampu memahamidan mengkomunikasikan berbagai literatur
    yang berbahasa arab dan inggris
  • Membekali santri dengan keterampilan hidup mandiri

Kompetensi Lulusan

  • Mampu memahami nilai-nilai islam dalam konteks kekinian
  • Mampu mengaplikasikan ajaran Islam dengan ramah dan santun
  • Hafidz 10 juz Al Qur’an
  • Mampu berkomunikasi dengan bahasa arab dan inggris
  • Mampu melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya yang diinginkan