Bekerjasama dengan Polsek Berbah, PP Raudhatus Salaam Selenggarakan Seminar “Sadar Hukum dan Kenakalan Remaja”

  • Tuesday, 15 August 2023
  • 398 views
Bekerjasama dengan Polsek Berbah, PP Raudhatus Salaam Selenggarakan Seminar “Sadar Hukum dan Kenakalan Remaja”

SLEMAN Pondok Pesantren Raudhatus Salaam Karangsari menyelenggarakan seminar yang bertemakan “Sadar Hukum dan Kenakalan Remaja” pada Selasa (26/8/2023). Seminar ini merupakan hasil dari kerjasama pondok dengan Polsek Berbah.

“Acara ini atas ide Pak Kyai kemudian diamanati kepada pengasuhan santri untuk bekerjasama dengan Polsek Berbah untuk menyelenggarakan seminar ini,” ujar Staf Pengasuhan Santri PP Raudhatus Salaam Karangsari Al-Ustadz Mughni Ibnu Aqsha, S.Pd

Seminar ini menjadi kegiatan resmi bersama antara PP Raudhatus Salaam dengan Polsek Berbah sehingga bertujuan untuk menjalin hubungan baik antara pondok dan Instansi Polri. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk memberikan ilmu dan pengetahuan baru kepada santri tentang pemahaman “Sadar Hukum dan Kenakalan Remaja”.

Seminar ini akan diselenggarakan di Masjid Siti Khadijah dan dihadiri oleh segenap dewan guru beserta seluruh santri PP Raudhatus Salaam. Adapun pembicara dalam seminar ini yaitu Kanit Lantas Polsek Berbah IPTU Ngadiyem dan Panit Binmas Polsek Berbah AIPTU Widodo.

“Untuk pembicara seminar ada dua, yaitu Kanit Lantas Polsek Berbah IPTU Ngadiyem dan Panit Binmas Polsek Berbah AIPTU Widodo,” jelas Al-Ustadz Mughni.

Dalam seminarnya, IPTU Ngadiyem memaparkan kenakalan remaja yang sering terjadi diantaranya adalah tawuran, seks bebas, narkoba, miras, dan lain sebagainya. Faktor yang menyebabkan hal ini baik dikarenakan faktor internal seperti krisis identitas, dan kontrol diri yang lemah, maupun karena faktor eksternal seperti pengaruh keluarga, teman, ataupun lingkungan.

Adapun langkah untuk mencegah ataupun memperbaiki kenakalan tersebut yaitu menguatkan peran orangtua dan guru dengan memberi kasih sayang dan menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Selain itu, bisa dengan peran sahabat yang dapat menegur atau menasehati apabila mengetahui kenakalan yang dilakukan oleh temannya, dan juga pengadaan kegiatan-kegiatan positif.

Dengan diadakannya seminar ini, diharapkan dapat terjalin kerjasama dan hubungan baik serta saling memberikan kontribusi dan manfaat dari pihak pondok dengan Polsek Berbah. Selain itu, dapat menjadi renungan bagi para santri maupun guru untuk menghindari dan mencegah kenakalan-kenakalan yang dapat berakibat buruk bagi diri sendiri maupun masyarakat.

“Harapannya, dapat terjalin Kerjasama dan hubungan baik, saling memberikan kontribusi dan manfaat dari masing-masing pihak,” harap Al-Ustadz Mughni, Selasa (16/8/2023).

Oleh : Okky mahdi Indrawan Putra, SH

Editor : Khuurum M

Gambar 01
Gambar 02