BAHAYA MEROKOK

  • Thursday, 11 May 2023
  • 407 views
BAHAYA MEROKOK

Bahaya merokok bagi kesehatan bukan hanya bagi perokok, akan tetapi juga bagi perokok pasif yaitu orang yang menghirup asap rokok tersebut. Tidak semua perokok mengetahui apa bahaya merokok itu sendiri. Bagi para perokok, merokok adalah hal yang lumrah untuk dilakukan, jika dalam sehari tidak merokok akan kurang nyaman baginya.

Beberapa kandungan didalam rokok diantaranya adalah nikotin. Nikotin tersebut menyebabkan efek candu bagi orang yang menggunakannya. Selain nikotin masih banyak lagi zat-zat berbahaya yang terkandung didalam satu barang rokok, diantaranya adalah karbon monoksida, tar, hidrogen sianida dsb. Dalam satu batang rokok yang dihisap terkandung 4000 jenis senyawa kimia, 400 jenis zat berbahaya dan 43 jenis zat penyebab kanker.

Apabila dalam sehari kita menghabiskan 6 batang atau setengah bungkus sudah berapa racun yang dihisap? Kemudian racun itu terakumulasi dari bertahun-tahun menjadi perokok, tentu hal ini hampir sama akibatnya dengan bahaya narkoba. Untuk itulah, sebaiknya Anda ketahui sekarang juga beberapa penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh rokok, seperti pada uraian bahaya merokok bagi kesehatan tubuh di bawah ini:

1. Penyakit paru-paru

Efek dari perokok yang paling pertama merusak organ tubuh akibat asap rokok adalah paru-paru. Asap rokok tersebut terhirup dan masuk ke dalam paru-paru sehingga menyebabkan paru-paru mengalami radang, bronchitis, pneumonia. Belum lagi bahaya dari zat nikotin yang menyebabkan kerusakan sel-sel dalam organ paru-paru yang bisa berakibat fatal yaitu kanker paru-paru. Bahaya merokok bagi kesehatan ini tentu sangat beresiko dan bisa menyebabkan kematian. Maka sebaiknya sebelum hal itu terjadi lebih baik berhenti merokok dari sekarang juga. Bukankan lebih baik mencegah daripada mengobati? Dengan demikian sebelum terjadi penyakit bahaya tersebut sebaiknya cegah dengan berhenti merokok.

2. Penyakit impotensi dan organ reproduksi

Efek bahaya merokok bagi kesehatan lainnya adalah bisa mengakibatkan impotensi, kasus seperti ini sudah banyak dialami oleh para perokok. Sebab kandungan bahan kimia yang sifatnya beracun tersebut bisa mengurangi produksi sperma pada pria. Bukan hanya itu saja, pada pria juga bisa terjadi kanker di bagian testis. Oleh sebab itu, sebelum hal itu terjadi maka kurangi secara perlahan konsumsi rokok Anda. Terutama untuk usia remaja karena efek bahaya merokok bagi kesehatan remaja yang bisa menyebabkan resiko tidak memiliki keturunan. Sedangkan pada wanita yang merokok, efek dari rokok juga bisa mengurangi tingkat kesuburan wanita.

3. Penyakit lambung

Hal yang terlihat sepele ketika menghisap rokok adalah aktivitas otot di bawah kerongkongan semakin meningkat. Otot sekitar saluran pernafasan bagian bawah akan lemah secara perlahan sehingga proses pencernaan menjadi terhambat. Bahaya merokok bagi kesehatan juga bisa dirasakan sampai ke lambung, karena asap rokok yang masuk ke sistem pencernaan akan menyebabkan meningkatnya asam lambung. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka bukan tidak mungkin akan menjadi penyakit yang lebih kronis seperti tukak lambung yang lebih sulit diobati. Tentu jika Anda sudah mengetahui resiko ini kesadaran untuk berhenti merokok bisa semakin tinggi.

Referensi

1. Peraturan Bupati No. 42 Tahun 2012

2. Dinas Kesehatan Puskesmas Berbah

3. Artikel Dinas Kesehatan Kota Cimahi

Penulis : Miftakhul Jannah

Editor : Khuurum Maqsuuraat