Melatih Kesabaran di Bulan Ramadhan

  • Saturday, 25 March 2023
  • 663 views
Melatih Kesabaran di Bulan Ramadhan

Oleh : Al-ustadz Magita Isya Faruqy

Puasa tidak hanya sekadar menahan rasa lapar dan dahaga, namun menahan emosi dan bersabar juga perlu kita lakukan. Menahan sabar bukanlah perkara kecil dan mudah. Oleh karena itu, terdapat begitu banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari bersabar menahan amarah dan sesuatu yang tidak kita sukai. Dalam perjuangan bersabar terhadap apa yang membuat kita tidak suka bahkan benci terdapat hikmah yang begitu besar.

Kata sabar sangat mudah kita ucapkan dan kita nasehatkan pada orang yang lain ketika orang yang kita beri nasehat sedang mendapatkan ujian. Namun tidak mudah bagi diri kita untuk mengamalkannya. Namun tetaplah selalu istiqomah untuk memberikan nasehat dalam kebaikan dan kesabaran. Dengan berpuasa, umat muslim diajarkan untuk menjadi pribadi yang lebih sabar dan mampu menahan amarah serta nafsu. Puasa adalah aktivitas yang mengajarkan umat muslim untuk lebih mengontrol diri. Karena sejatinya, Allah mencintai orang-orang yang sabar dan menahan amarahnya. bersabar sudah termasuk dalam hikmahnya berpuasa.

وَاصْبِرُوا إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
 “Bersabarlah kalian, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar”.

( Qs. Al-anfal : 46 )

Hikmah yang bisa kita dapatkan dari bersabar adalah Allah akan mencukupkan pahala baginya tanpa batas. Sebagaimana yang terdapat pada ayat Al-qur’an,

قُلْ يٰعِبَادِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوْا رَبَّكُمْ ۗلِلَّذِيْنَ اَحْسَنُوْا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗوَاَرْضُ اللّٰهِ وَاسِعَةٌ ۗاِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُوْنَ اَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Katakanlah (Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu.” Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas”.

(Qs. Az zumar:10)

Jika kita merasa sabar atas jaminan kebersamaan orang yang kita nilai kuat, berkuasa ataupun kaya raya, maka mengapa seolah kita tidak yakin mendapatkan janji jaminan kebersamaan dari Dzat Yang Maha Kaya, Penguasa Alam Semesta, Dzat Yang Mampu Atas Segala Sesuatu  ?!! Wallahu a’lamu bi Showwab.

Editor : Khuurum M