Semarak Perayaan Idul Adha di Pondok Pesantren Raudhatus Salaam Karangsari

  • Tuesday, 18 June 2024
  • 176 views
Semarak Perayaan Idul Adha di Pondok Pesantren Raudhatus Salaam Karangsari

Pada malam tanggal 16 (06/24), suasana di Pondok Pesantren Raudhatus Salaam Karangsari terasa begitu khidmat dan haru. Para asatidz, asatidzah, serta seluruh santri melaksanakan salat Isya’ dan takbir keliling menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha.

Seusai salat Isya’ dan kembali ke Asrama kamar masing-masing, para santri berbondong-bondong keluar dari Asrama dan bersegera kumpul di lapangan Pesantren dengan membawa peralatan takbir seperti rebana, alat drumband, dan obor. Mereka berjalan beriringan mengelilingi lingkungan pondok dan desa, melantunkan takbir dengan suara yang khusyuk dan penuh semangat. Warga sekitar pun turut menyambut rombongan takbir keliling tersebut dengan gembira.

Keesokan harinya (17/06/24), pada Hari Raya Idul Adha 1445 H, seluruh warga Pondok Pesantren berjalan bersama menuju lapangan Gamelan untuk melaksanakan salat Idul Adha berjamaah bersama dengan para warga sekitar. Suasana terasa khidmat dan penuh khusyuk.

Usai mengikuti serangkaian salat Idul Adha, dilanjutkan dengan sesi perfotoan bersama Abah Kyai, ummi Nyai, beserta Asatidz, dan Asatidzah.

Setelah pulang dari melaksanakan salat Idul Adha, acara dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban di area pondok pesantren. Para santri dengan semangat membantu proses penyembelihan dan pembagian daging qurban. Kegiatan ini menjadi sarana untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, kepedulian, dan berbagi di antara warga pondok dan masyarakat sekitar.

Suasana haru dan khidmat terasa begitu kental di Pondok Pesantren Raudhatus Salaam Karangsari, seiring dengan terlaksananya rangkaian kegiatan Idul Adha yang penuh makna dan semangat ketakwaan.

Bercermin dari keteguhan Nabi Ibrahim AS., Ketika ketaatan Bunda Siti Hajar dan kepatuhan Nabi Ismail AS. dan pertolongan Allah SWT.

REFLEKSI IDUL ADHA

Penulis & Editor : Khuurum M