___Penilaian Akhir Semester___

  • Friday, 17 December 2021
  • 515 views
___Penilaian Akhir Semester___

Tidak terasa pembelajaran semester pertama telah usai dan berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan ditandai dengan diadakannya Penilaian Akhir Semester Ganjil 2021.

Di Pondok Pesantren Raudhatus Salaam melaksanakan penilaian akhir semester ganjil dengan 2 tahap:

Penilaian Akhir Semester Ganjil (Tulis) dilaksanakan pada tanggal 6-16 Desember 2021 yang sebelumnya telah dilaksanakan PAS (Lisan) pada tanggal 1-5 Desember 2021. Adapun pelajaran yang diujikan adalah B.Arab, B.inggris, Ibadah, dan Tahfidz. ujian ini bertujuan agar para santriwan/santriwati selain melatih mental, melatih kepercayaan diri, juga melatih mereka dalam peningkatan berbahasa.

Ujian di Pondok Pesantren Raudhatus Salaam memang ibarat pertempuran. Selain mental yang kuat, serta kesabaran yang penuh dari pangkal sampai ujung, hingga pengorbanan pun menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi. Tentunya pengorbanan dalam ujian ini bukanlah bertaruh nyawa seperti Thariq dan pasukannya, melainkan dalam jihad mencari ilmu. Seluruh santriwati dituntut untuk rela mempertaruhkan waktu yang lebih panjang dalam usahanya untuk menguasai seluruh mata pelajaran yang akan diujikan.

ada 3 fase orang menuntut ilmu:

1.Takabbur

Sombong karena baru tahu imu baru

2. Tawadhu’

Dia sadar ternyata yang tahu ilmu tersebuat bukan hanya dia

3. Laa ‘ilma lahu

Teryata ilmu itu sangat luas, sehingga seakan-akan dia tidak punya ilmu apa-apa.