PESAN DAN NASEHAT SETELAH UJIAN

  • 10 October 2021
  • 33 views
PESAN DAN NASEHAT SETELAH UJIAN

Pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021 di pondok pesantren Raudhatus Salaam dilaksanakan upacara bendera yang bertepatan dengan selesainya ujian tengah semester (pts).

Upacara bendera merupakan salah satu kegiatan penting yang sering dilakukan di sekolah. Umumnya, upacara bendera dilaksanakan pada hari Senin dan hari-hari tertentu, seperti peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Meskipun sudah sering dilakukan, namun tidak sedikit pelajar yang belum mengerti tujuan Upacara Bendera itu sendiri.

Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Dengan begitu, hal ini dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik.

upacara bendera ponpes raudhatus salaam

Dalam upacara kali ini inspektur menyampaikan beberapa nasehat yang mengenai beberapa nasehat dari Imam Ghazali dalam perkataan beliau. bahwasannya manusia terbagi menjadi 4 golongan :

1.الرجل يدري وهو يدري أنّه يدري وهو عالم

seseorang mengetahui, dan ia mengetahui bahwa ia mengetahui itulah orang yang berilmu.

2. الرجل يدري وهو يدري أنّه لا يدري وهو نائم

seseorang mengetahui, tetapi ia tidak mengetahui bahwa ia mengetahui itulah orang yang tertidur.

3.الرجل لا يدري وهو يدري أنّه لايدري وهو صادر

seseorang tidak mengetahui, dan ia mengetahui bahwa ia tidak mengetahui itulah orang yang sadar.

4.الرجل لا يدري وهو لا يدري أنّه لا يدري وهو جاهل

seseorang tidak mengetahui dan ia tidak mengetahui bahwa ia tidak mengetahui itulah orang yang bodoh!