Bahasa chat WA-mu Cermin Sifat dirimu

  • Tuesday, 31 March 2020
  • 1,013 views
Bahasa chat WA-mu Cermin Sifat dirimu

Assalamualaikum wr wb sobat Raudhatus Salaam. Semangat pagi semua! Have nice day.

Sobat-sobat sekalian yang selalu admin rindukan, pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi sedikit mengenai “how to know ourself quality/ character?” dilihat dari bahasa yang kita gunakan sehari-hari. So, hubungan dengan chat WA apa min? Yups, bahasa whatsapp tentunya tak jauh bukan dengan bahasa mulut yang seringkali kita gunakan. Ya karena otak dan mulut saling berhubungan satu dengan yang lain.

Fine, sampai disini pasti teman-teman semua sudah bisa menebak. Bahwasanya mulut atau chat WA yang buruk menggambarkan sifat buruk dan begitu juga sebaliknya. Begitu bukan? Secara umum memag demikian. But, tentunya kita bertanya-tanya dong, mengapa bahasa kita menggambarkan sifat kita? Okey, yuk kita simak artikel di bawah ini.

 SETIAP orang yang dilahirkan pasti memiliki mulut. Mulut adalah salah satu bagian pada tubuh manusia.  Mulut memiliki fungsi tersendiri yang berbeda dengan fungsi tubuh lainnya. Tidak ada bagian tubuh lain yang bisa menggantikan fungsi mulut selain mulut itu sendiri. Mulut memiliki peran dan kelebihan secara khusus. Tetapi mulut bukan yang terpenting pada sebuah tubuh. Bagian tubuh lain pun memiliki kepentingan dan kelebihan tersendiri. Jadi setiap bagian tubuh saling menopang dan menjaga keseimbangan. Apabila salah satu bagian tubuh tersakiti, maka bagian tubuh lain ikut merasakan. Apabila bagian tubuh tertentu melakukan tugasnya, maka bagian tubuh lainnya ikut mendukung.

Fungsi mulut

Fungsi utama mulut menjadi jalan masuknya makanan dan minuman ke dalam tubuh agar tubuh sehat dan kuat. Makan dan minum dilakukan setiap hari sesuai kebutuhan. Selain itu, mulut pun berfungsi utama dalam berbicara. Berbicara di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Berbicara menjadi alat komunikasi antarmanusia dan alat pergaulan sehari-hari sebagai makhluk sosial. Mulut yang dipakai untuk berbicara  berkaitan erat dengan hati dan pikiran. Luapan dari hati dan pikiran ini keluar berupa ucapan atau perkataan. Mulut pun bisa mewakili hati yang sombong atau hati yang merendah. Ucapan atau perkataan ini ada yang sifatnya membangun ada pula yang sifatnya menjatuhkan. Ada yang manis ada pula yang pahit. Ucapan positif dan negatif Pernah mendengar orang mengeluh pada diri sendiri?

”Hadeuh, hidup kok makin lama makin susah aja!” atau “Pesaingnya berat, kayaknya aku gak mungkin lolos…”

atau ada juga orangtua yang tega mengatakan pada anaknya begini,

”Dasar anak bego! Tolol!”

Tanpa disadari ucapan mulut negatif ini sama dengan memupuk kutukan pada diri sendiri atau orang lain. Tetapi banyak orang terbiasa dengan mengucapkan kalimat negatif tersebut karena emosi, marah, dan rasa putus asa. Sama halnya dengan ucapan atau perkataan bernada positif, misalnya,

 “Wah, luar biasa, kamu memang hebat!”

atau memperkatakan pada diri sendiri:

“Aku pasti berhasil! Orang lain bisa, aku pun pasti bisa!”

Ucapan positif seperti ini sama dengan memberikan harapan masa depan yang cerah.  Tanpa disadari bahwa  kata-kata yang keluar dari mulut sesungguhnya memiliki kuasa. Bukan mustahil ucapan tersebut bisa menjadi kenyataan. Oleh karena itu, mulut yang baik adalah mulut yang memperkatakan hal-hal yang optimistis, membangun, dan penuh keyakinan.

Menjaga mulut

Kita dapat mengukur seseorang melalui lontaran ucapannya yang kerap keluar. Ucapan seseorang bisa jadi cermin dirinya sendiri. Melalui ucapannya akan terlihat bagaimana pola hati dan pikirannya, seperti ucapan yang sembrono sampai ucapan yang dipertimbangkan baik-baik. Akibatnya, melalui ucapannya seseorang akan dibenarkan atau dipersalahkan. Seseorang yang tidak dapat menjaga mulutnya mengeluarkan kata-kata yang tak bermanfaat, memaki, mencela, menghina, memfitnah, berkata kotor, menghujat, meleter. Bahkan, orang yang “lancang mulut” biasanya sok tahu, senang menuding orang lain dan mengurai kekurangan orang tertentu dari segi negatifnya saja.

Model seperti ini hanya memicu perselisihan saja. Peribahasa mengatakan “karena mulut badan binasa” ini berarti mendapat musibah akibat perkataannya sendiri. Perkataan yang sembrono dan tak dipikirkan segala akibatnya menuai masalah baru. Menjaga mulut atau memelihara mulut adalah tindakan bijak. Demi kebaikan diri sendiri dan orang lain. Bagaimana dengan bahasa mulut & whatsapp Anda? 

Mael Essa

In tag: Beasiswa Santri terbaik, Fasih Berbahasa Inggris, Fasih Berbahasa Inggris Tahfidz Di Jogja, Fasih membaca Al Quran, KBIH Hajar Aswad, KBIH Jogja, Ma’had Tahfidz Di Jogja, Ma’had Tahfidz Jogja, ma’had tahfidz putri, Ma’had Tahfidz Yogyakarta, Mondok di Jogja, Pesantren di Jogja, pesantren di Yogyakarta, Pesantren Tahfidz di Jogja, Pesantren yang ada di jogja, Pesantren yang bersih, Pesantren Yang Rapi, pondok di jogja, Pondok Modern di Jogja, Pondok Pesantren Alumni Gontor, Pondok Pesantren Alumni Gontor Di Jogja, Pondok Pesantren Berbasis IT, Pondok Pesantren Favorit di Jogja, Pondok Pesantren Favorit di Yogyakarta, pondok pesantren modern di Yogyakarta, Pondok Pesantren Raudhatus Salaam, Pondok Pesantren Salaf Modern, Pondok Pesantren Tahfidz di Jogja, pondok pesantren tahfidz qur’an Yogyakarta, Pondok Pesantren Tahfidz Terbaik di Jogja, Pondok Tahfidz di Jogjakarta, Pondok Tahfidz Putri Di Jogja, pondok tahfidz qur’an Yogyakarta, Pondok Tahfidz Quran Jogja, Pondok Tahfidz Sleman, Ponpes, Ponpes Bahasa Arab di Jogja, ponpes di jogja, Ponpes Terbaik di Jogja, Ponpes Terbaik di Yogyakarta, Tilawah Al Qur’an Terbaik