Simulasi Manasik Haji di Pondok Pesantren Raudhatus Salaam

  • Sunday, 9 February 2020
  • 359 views
Simulasi Manasik Haji di Pondok Pesantren Raudhatus Salaam Para peserta Simulasi Manasik Haji KBIH Hajar Aswad

Raudhatussalaam- 11 Desember 2018 lalu, bertepatan pada hari Ahad, Pondok Pesantren Raudhatussalaam di tempati oleh calon jamaah haji dari KBIH Hajar Aswad periode 2018-2019 untuk melaksanakan simulasi manasik haji.

Ini adalah simulasi pertama, jadi belum sama persis seperti apa yang bapak-ibu akan temukan nanti di tanah suci. Oleh karenanya juga belum memakai kain ihrom. Untuk manasik yang sama tataletaknya persis dengan apa yang ada di tanah suci, akan jamaah temukan ahad depan di dono udan” begitu informasi dari Bpk Saijan selaku pembimbing dari KBIH Hajar Aswad.

Simulasi manasik haji kali ini di ikuti oleh seluruh calon jamaah haji dari rombongan Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul , Kulon Progo dan juga Gunung Kidul yang masing-masing rombongan dengan pemandu yang sudah di diapkan oleh panitia.

Rombongan bantul merupakan yang terbesar karena jumlah calhaj (calon jamaah Haji) yang paling banyak, dibanding dengan jumlah rombongan calhaj dari daerah lainnya.

Antusias dari peserta calhaj terlihat dari keaktifan peserta bertanya ini dan itu kepada pembimbing.

Bahkan beberapa peserta yang berasal dari luar kota Yogyakarta, seperti Pak Ajid dari Jember ikut turut hadir melaksanakan simulasi manasik haji.

“Simulasi ini diadakan dengan tujuan agar jamaah tahu bagaimana nantinya, dan apa yang dilakukan di tiap-tiap tempat seperti ketika tawaf, melempar jumrah, sa’yi dll. Meskipun tempatnya belum berurutan.

Supaya terbiasa dahulu dan juga melatih hafalan doa doa yang akan di gunakan ketika nanti di tanah suci” begitu pesan dari Ust Wildan menjelaskan kepada calhaj yang sangat serius mengikuti arahannya.

Selain itu pula alasan dari berbagai alas an diadakannya simulasi di Ponpes Raudhatus Salaam adalah untuk memperkuat tali silaturahim antara calon jamaah KBIH Hajar Aswad dengan lingkungan Ponpes Raudhatus Salaam.

Pondok dibawah naungan yayasan yang sama yaitu yayasan Raudhatus Salaam Hajar Aswad. Sehingga dari sini diharapkan hubungan yang harmonis antara warga Pesantren dengan Jamaah Haji di KBIH Hajar Aswad.

Bagaimana lengkapnya nantikan videonya di channel kami yang akan kami upload besok Ahad 18 Februari 2018.

Bagi jamaah peserta simulasi manasik yang menghendaki foto-fotonya dapat memintanya dengan coment dibawah. Syukron! -maelessa